Friday , 20 July 2018
Home / Ekonomi Syariah

Ekonomi Syariah

Benarkah Uang kertas Haram Menurut Islam?

Jika sebelumnya banyak perdebatan tentang bank syariah dan konvensional, maka jika ditilik lebih dalam tentu akan tertuju pada alat tukar dalam bertransaksi. Salah satunya adalah uang kertas yang sekarang ini menjadi alat tukar manusia di seluruh dunia. Lantas bagaimana dengan Islam terkait uang kertas? Karena sejak jaman rosul hingga khalifah …

Selengkapnya »

3 Keburukan Jika Ngutang Nggak Dibayar

Berhutang atau bahasa hariannya ngutang memang jadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern. Apalagi kita yang tinggal di kota besar, kalo kita mau ngutang aja kita mendapatkan sambutan yang sangat hangata��nggak percaya, coba deh kamu ambil pinjaman di bank atau kredt kendaraan, pasti bakal dilayani bak raja. Baca …

Selengkapnya »

Adab Berhutang Menurut Islam

Sebagai mahluk sosial kita pernah dong berhutang sama orang lain. Nah gimana sih Islam dalam mengatur hutang piutang. Asyiknya nih Islam membolehkan lho kita berhutang kepada orag lain, tetapi ada juga ancaman bagi kita yang nggak mau membayar hutang. Pinjam meminjam memang biasa sih dalam kehidupan bermasyarakat. Tapi bakal jadi …

Selengkapnya »

Awas Riba! Bunga Bank Haram Atau Nggak Sih?

Belakangan ini banyak lho gerakan anti utang ke bank alias ngambil pinjaman di bank,baik buat penambahan modal usaha atau untuk kredit konsumtif biar bisa tampil wow dong di depan tetangga. Nggak cuma itu kok, mereka juga banyak memberikan testimoni yang menggambarkan kepuasaan setelah mereka terlepas dari jerat hutan lembaga keuangan, …

Selengkapnya »