Sunday , 21 October 2018
Home / Fashion & Health / Ini Lho Kesalahan Berhijab yang Bikin Rambut Rusak

Ini Lho Kesalahan Berhijab yang Bikin Rambut Rusak

hijab

Memakai hijab sudah pasti dong kewajiban sebagai wanita muslim. Tapi sayangnya banyak lho wanita Indonesia yang salah dalam berhijab. Hasilnya nggak sedikit mereka yang mengalami masalah dengan kerusakan rambut.

Biasanya nih ketombe dan kerontokan rambut menjadi masalah rambut yang kerap kali dialami oleh wanita berhijab. Hal itu karena rambut yang tertutup seharian dan kurang memperhatikan perawatannya. Atau memang ada kesalahan yang biasa dilakukan wanita Indonesia.

Menurut dr. Amaranila Lalita Drijono, Sp.KK, menjelaskan bahwa penerapan jilbab yang kurang tepat bisa berpengaruh buruk pada rambut terutama untuk wanita Indonesia.

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu mengingatkan kalau kita hidup di negara tropis dengan cuaca cenderung panas dan lembab. Cuaca yang panas dan lembab membuat tubuh lebih banyak berkeringat. Ketika rambut mengeluarkan keringat kemudian ditutup dengan jilbab tentu keringat tidak akan keluar secara sempurna.

Maka dari itu, penerapan jilbab yang longgar lebih disarankan oleh dr. Amaranila. Bahkan ia menganjurkan untuk menggunakan kerudung loose dengan bahan menyerap keringat yang menutup sampai dada agar sirkulasi udara di bagian kepala tetap bagus.

jilbab turki
Indonesia panas tapi lembab artinya uap air di udara banyak tidak seperti di Arab Saudi, panas juga tapi menyedot air di kulit kita jadi dehidrasi. Makanya kalau di gurun pasir laki-laki juga harus ditutupi kepalanya kalau nggak bisa dehidrasi, rambutnya bisa mengalami kebotakan.

Nah kalau berhijab di Indonesia, cuaca sedang panas kita keringatan karena ditutup hijab keringatnya nggak bisa sempurna keluar akhirnya ada kulit mati menumpuk, penyebab awal rambut rusak. Makanya pakailah selembar jilbab saja yang kainnya menyerap keringat jangan tebal.

Ia pun mengingatkan para hijabers muda agar tidak menggunakan jilbab bertumpuk untuk berpergian di Indonesia. Jilbab bertumpuk bisa menjadi penyebab utama rambut rusak. Kerudung bertumpuk akan menghambat sirkulasi udara di area kepala. Tidak juga menggunakan kerudung yang mencekik leher.

Tapi jika ingin menggunakan jilbab bertumpuk ia pun menyarankan untuk memakainya saat pergi liburan ke negara-negara yang memiliki musim dingin. Tak hanya itu, jilbab bertumpuk juga bisa diterapkan saat pergi ke Arab Saudi karena cuaca yang panas tapi kering untuk melindungi uap air dalam kulit agar tidak dehidrasi.

Untuk wanita Indonesia, gaya jilbab Turki lebih disarankan oleh dr. Amaranila karena simpel dan tidak perlu menggunakan berlapis-lapis jilbab. dr. Amaranila juga tidak menganjurkan untuk menambahkan aksesori berlebihan di atas kerudung yang bisa menghambat sirkulasi udara.

About Muslim Ramah

Muslim Ramah hadir sebagai alternatif informasi tentang Islam secara sederhana, tanpa harus tenggelam dalam perdebatan dan merasa paling benar. Muslim Ramah lebih mengutamakan bagaimana perilaku masyarakat muslim yang bermartabat tinggi, sehingga menjadi masyarakat yang memberikan kedamaian, kenyamanan, dan penuh kasih sayang kepada mahluk Allah yang lainnnya. Muslim ramah juga menghadirkan pemahaman-pemahaman Alquran dan Hadist dengan cara yang sederhana dan berbentuk infografis sehingga mempermudah masyarakat muslim memahami ajaran Islam secara mudah dan kembali mempraktekannya menjadi sebuah perilaku kehidupan Muslim yang baik.

Check Also

6 Tips Pakai Aksesoris Kalung Pada Wanita Berhijab

Walau kamu wanita berhijab bukan berarti kamu tampil polos dan nggak bisa ikutin trend lho. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *