Tuesday , 25 September 2018
Home / Inspirasi / Dzikir Resep Ampuh Hindari Penyakit Hati

Dzikir Resep Ampuh Hindari Penyakit Hati

Dzikir

Bicara tentang hati tentunya kita banyak mendengar dalil-dalil dari Alquran maupun hadist-hadist. Menjaga hati merupakan suatu perbuatan yang sangat berat karena memang hati memiliki sifat yang selalu berubah-ubah. Apalagi pernah dengar dong istilah penyakit hati.

Apa aja sih yang masuk dalam penyakit hati, nah biar pada nggak terlalu bingung kita bagi saja saat ini menjadi tiga dulu, yaitu sombong, iri dan dengki (sedikit tapi kalo langsung dipratekin bisa membawa manfaat lho, dari pada pinter teori doang).

Tapi kalo masih nggak percaya sama, ada kok dalilnya bagaimana hati merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia ini. Salah satunya dalam surat At-Taubah ayat 125

“Orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya yang telah ada dan mereka mati dalam keadaan kafir.”

Masih bingung? Nggak usah kales, dijelasin lagi kok sama Rasulullah saw, Hati (bahasa Arab Qalbu) adalah bagian yang sangat penting daripada manusia. Jika hati kita baik, maka baik pula seluruh amal kita, Rasulullah saw bersabda:

Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.a�? (HR Imam Al-Bukhari)

Oke deh, sekarang sudah paham dong bagaimana kita harus selalu mengingat Allah agar terhindar dari penyakit hati. Karena itu penyakit hati jauh lebih berbahaya daripada penyakit fisik karena bisa mengakibatkan kesengsaraan di neraka yang abadi.

Sombong

Sering orang karena jabatan, kekayaan, atau pun kepintaran akhirnya menjadi sombong dan menganggap rendah orang lain. Bahkan Iblis pun di usir dari surga karena penyakit sombong. Padahal dulunya Iblis merupakan mahluk Allah yang ahli ibadah lho bersama malaikat. Sa